Sejarah lahirnya peti kemas dimulai sebelum tahun 1950, dimana US ARMY di Negara Amerika membuat sebuah rangka dari besi baja dengan disign segi empat dimana ukuran tinggi, panjang dan lebar berpedoman pada areal luas tween deck. US ARMY membuat rangka tersebut untuk kebutuhan internal. Pada waktu itu sebagian besar ukuran dan konstruksi peti kemas digunakan oleh perusahaan pelayaran Amerika sendiri yaitu Atlantic Gulf and West Indies Lines ( AGWI ) dengan tujuan perdagangan ke Porto Rico.
Hingga tahun 1955, Mr Maccolm Mc Lean menjual pengetahuan perusahaan pengangkutannya kepada pihak ” Waterman Steam Ship Coorporation ”, yang digunakan untuk mengoperasikan pelayaran ” Sea land Service ”. Pada tahun 1957 Kapal generasi pertama dengan sistim full container adalah ” Gate Way City ” dengan jalur pelayaran antara Houston dan New York.
Perkembangan tersebut berjalan pesat, hingga tahun 1972 telah dibuka jalur pelayaran peti kemas ke benua Eropa, Jepang, Australia.
Sampai tahun 1977, telah berdiri sekitar 38 perusahaan khusus pelayanan peti kemas yang melayani hingga Afrika.
Hingga tahun 1955, Mr Maccolm Mc Lean menjual pengetahuan perusahaan pengangkutannya kepada pihak ” Waterman Steam Ship Coorporation ”, yang digunakan untuk mengoperasikan pelayaran ” Sea land Service ”. Pada tahun 1957 Kapal generasi pertama dengan sistim full container adalah ” Gate Way City ” dengan jalur pelayaran antara Houston dan New York.
Perkembangan tersebut berjalan pesat, hingga tahun 1972 telah dibuka jalur pelayaran peti kemas ke benua Eropa, Jepang, Australia.
Sampai tahun 1977, telah berdiri sekitar 38 perusahaan khusus pelayanan peti kemas yang melayani hingga Afrika.
Perkembangan pasar juga meningkat, mulai dari 2,3 % pada tahun 1970 menjadi 30 % di tahun 1982, hingga sekarang peti kemas sudah menjadi sistim penting dalam transportasi dunia.
Meningkatnya perkembangan pasar peti kemas memberikan feed back yang positif terhadap perkembangan kapal – kapal yang melayani peti kemas tersebut. Perusahaan pembuatan kapal berlomba mencari bentuk tehnis yang dapat melayani kegiatan peti kemas. Penempatan posisi peti kemas yang selama ini berada di geladak kapal telah di tambah dengan cara mengkonversi kapal – kapal tanker dan kapal – kapal curah kering.
Perkembangan pangsa pasar peti kemas yang cukup pesat disebabkan :
1. Keamanan barang lebih terjamin
2. Kecilnya resiko dan kerusakan barang.
3. Biaya lebih murah.
4. Proses pelayanan lebih cepat.
5. Kapasitas angkut lebih besar.
6. Dan yang utama adalah peti kemas merupakan multi modal transport.
Peti kemas secara defenisinya menurut ISO adalah peti atau kotak yang memenuhi persyaratan teknis sesuai dengan International Organization for Standardization (ISO) sebagai alat atau perangkat pengangkutan barang yang bisa digunakan diberbagai moda, mulai dari moda jalan dengan truk peti kemas, kereta api dan kapal petikemas laut.
Berat maksimum peti kemas untuk 20” dalam keadaan isi adalah 24 ton dan untuk 40” adalah 30,48 ton. Untuk berat muatan yang bisa di bawa adalah 21,8 ton untuk 20” dan 26,68 ton untuk 40 ”.
Meningkatnya perkembangan pasar peti kemas memberikan feed back yang positif terhadap perkembangan kapal – kapal yang melayani peti kemas tersebut. Perusahaan pembuatan kapal berlomba mencari bentuk tehnis yang dapat melayani kegiatan peti kemas. Penempatan posisi peti kemas yang selama ini berada di geladak kapal telah di tambah dengan cara mengkonversi kapal – kapal tanker dan kapal – kapal curah kering.
Perkembangan pangsa pasar peti kemas yang cukup pesat disebabkan :
1. Keamanan barang lebih terjamin
2. Kecilnya resiko dan kerusakan barang.
3. Biaya lebih murah.
4. Proses pelayanan lebih cepat.
5. Kapasitas angkut lebih besar.
6. Dan yang utama adalah peti kemas merupakan multi modal transport.
Peti kemas secara defenisinya menurut ISO adalah peti atau kotak yang memenuhi persyaratan teknis sesuai dengan International Organization for Standardization (ISO) sebagai alat atau perangkat pengangkutan barang yang bisa digunakan diberbagai moda, mulai dari moda jalan dengan truk peti kemas, kereta api dan kapal petikemas laut.
Berat maksimum peti kemas untuk 20” dalam keadaan isi adalah 24 ton dan untuk 40” adalah 30,48 ton. Untuk berat muatan yang bisa di bawa adalah 21,8 ton untuk 20” dan 26,68 ton untuk 40 ”.
cita-cita saya punya peti kemas nih.....
BalasHapushaloooo kunjungan balikk...
BalasHapusaku sebenarnya kurang suka ama yang namanya perusahaan peti kemas, karena kampung kelahiran saya telah di gusur oleh perusahaan peti kemas tanjung priok.
BalasHapusjadi tau tentang perpeti_kemasan neh...
BalasHapusTFS frenz :)
kalo mau beli satuan dimana boss..!!
BalasHapusbuat kamar tidur nich, enak kali y.
ane banyak dirumah peti gula merah.
laen..lah orang pelabuhan.
Nice bLog..Keep blogging My Friend...!!
BalasHapussudah 5 tahun gua berkeja di petikemas....enak sekali...
BalasHapus
BalasHapusThank you is certainly very useful for me in particular .. I wait for the following information :)
Obat Kista Ganglion
Cara Mengempeskan Kista Ganglion
Disini aku mau Sharing aja ya
BalasHapusBanyak temen aku yang tercukupi kebutuhannya tanpa kerja
Caranya bagaimana?? hanya mengeluarkan 10 ribu
untuk bermain di www. pokerayam .com hanya hitungan menit saja
ratusan hingga jutaan pun didapat dikarenakan pokerayam
selalu memberikan promo dan keberuntungan kepada member setianya
banyak promo dan hadiah menarik yang akan update disetiap saat
yuk silahkan bergabung pada pokerayam jangan lewatkan
MODAL 10 ribu MENJADI 1 JUTA
info keberuntungan lebih lanjut bbm : D8E5205A