Rabu, 07 Januari 2009

PT Semen Padang

PT Semen Padang merupakan hinterland andalan bagi pelabuhan Teluk Bayur. Berikut ini dijelaskan sedikit informasi tentang PT. Semen Padang.


Sejarah Ringkas
Sejarah
Peralatan pabrik di awal berdiri 1910, PT Semen Padang merupakan pabrik semen tertua diIndonesia yang didirikan pada tanggal 18 Maret 1910 dengan nama NV Nederlandsch Indische Portland Cement Maatschappi (NV NIPCM). Pabrik mulai berproduksi pada tahun 1913 dengan kapasitas 22.900 ton pertahun, dan pernah mencapai produksi sebesar 170.000 ton pada tahun 1939 yang merupakan produksi tertinggi pada waktu itu.
Ketika Jepang menguasai Indonesia tahun 1942-1945, pabrik diambil alih dengan menajemen Asano Cement, Jepang. Pada waktu kemerdekaan tahun 1945 pabrik diambil alih oleh karyawan dan selanjutnya diserahkan kepada pemerintah Republik Indoneisa dengan nama Kilang Semen Indarung. Pada agresi militer 1 tahun 1947, pabrik dikuasai kembali oleh Belanda dan namanya diganti menjadi NV Padang Portland Cement Maatschappij (NV PPCM).
Pabrik yang dikelola BAPPIT 1958Berdasarkan PP No.50 tanggal 5 Juli 1958, tentang penentuan perusahaan perindustrian dan pertambangan milik Belanda dikenakan nasionalisasi, maka NV Padang Portland Cement Maatschappij dinasionalisasikan dan selanjutnya ditangani oleh Badan Pengelola Perusahaan Industri dan Tambang (BAPPIT) Pusat. Setelah tiga tahun dikelola oleh BAPPIT Pusat, berdasarkan Peraturan Pemerintah No.135 tahun 1961 status perusahaan diubah menjadi PN (Perusahaan Negara). Akhirnya pada tahun 1971 melalui Peraturan Pemerintah Nomor 7 menetapkan status Semen Padang menjadi PT Persero dengan Akta Notaris No. 5 tanggal 4 Juli 1972.
Gedung kantor pusat PTSP sekarang
Berdasarkan Surat Menteri Keuangan Republik Indonesia No.5-326/MK.016/1995, Pemerintah melakukan konsolidasi atas 3 Pabrik semen milik Pemerintah yaitu PT Semen Tonasa (PTSP), PT Semen Padang (PTSP) dan PT Semen Gresik (PTSG), yang terealisir pada tanggal 15 September 1995, sehingga saat ini PT Semen Padang berada dibawah PT Semen Gresik (Semen Gresik Group).

Produksi
Kapasitas Produksi
Coal MillTotal kapasitas produksi PT Semen Padang 5.240.000 ton/tahun dengan rincian sebagai berikut :
Pabrik Indarung II : 660.000 ton/tahun
Pabrik Indarung III : 660.000 ton/tahun
Pabrik Indarung IV : 1.620.000 ton/tahun
Pabrik Indarung V : 2.300.000 ton/tahun
Bahan Mentah
Bahan mentah yang digunakan dalam pembuatan semen adalah batu kapur, batu silika, tanah liat dan pasir besi. Dari total kebutuhan bahan mentah, batu kapur yang depositnya terdapat di Bukit Karang Putih (± 2 km dari pabrik) digunakan sebanyak ± 81 %. Batu silika yang depositnya berasal dari Bukit Ngalau (± 1,5 km dari pabrik) digunakan sebanyak ± 9 % dan tanah liat yang terdapat di sekitar pabrik digunakan sejumlah ± 9 %. Sedangkan kebutuhan pasir besi ± 1% didatangkan dari Cilacap. Pada penggilingan akhir digunakan gipsum 3-5% yang didatangkan dari Thailand.

Raw Mill Feed
Proses Produksi
Secara garis besar proses produksi semen melalui 5 tahapan, yaitu :

Penambangan dan penyimpangan bahan mentah
Penggilingan dan pencampuran bahan mentah
Homogenisasi dan pencampuran bahan mentah
Pembakaran
Penggilingan hasil pembakaran
Dalam proses kering, penggilingan bahan di Raw Mill udara panas dialirkan dari tanur putar, sehingga dihasilkan raw mix dengan kandungan air <1%.

Setelah menjalani proses homogenisasi, raw mix dibakar di tanur putar dengan bahan bakar batu bara. Hasil pembakaran berupa butiran hitam yang disebut terak/klinker.
Proses selanjutnya adalah penggilingan klinker di tromol semen dengan menambahkan sejumlah gipsum pada perbandingan tertentu. Hasil dari penggilingan ini adalah semen yang siap untuk dijual kepasaran dalam kemasan kantong maupun curah.

Pemasaran
PelabuhanDaerah pemasaran PT Semen Padang untuk produk Semen Portland Tipe I dan Super Masonry Cement (SMC) meliputi seluruh wilayah Provinsi di Pulau Sumatera, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, dan Sumatera Selatan. Sedangkan untuk produk-produk lainnya seperti Semen Portland Tipe II, III, V dan Oil Well Cement (OWC) disamping dipasarkan ke daerah yang disebut diatas juga daerah lain yang memerlukannya. Selain untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, PT Semen Padang juga mengekspor diantaranya ke Bangladesh, Myanmar, Vietnam, Maldives, Philipina, Singapura, Brunai, Timor Timur, dan lain-lain.
PT Semen Padang hampir 63% mendistribusikan semen melalui angkutan laut dan kemasan zak dan curah, sedangkan selebihnya menggunakan angkutan darat, dalam kemasan zak, big bag dan curah.
Distribusi ke daerah pasar melalui angkutan darat seperti ke daerah Sumatera Barat, Tapanuli Selatan, Riau Daratan, Bengkulu, dan Jambi dikantongkan di Pabrik Pengantongan Indarung dan distribusi angkutan melalui laut dikantongkan di Pabrik Pengantongan Teluk Bayur.
Disamping pengantongan di Teluk Bayur, PT Semen Padang juga mempunyai packing plant di Belawan, Batam dan juga Tanjung Priok.

Pabrikasi & Konstruksi
Bengkel Pabrikasi dan Konstruksi mempunyai kemampuan memproduksi peralatan pabrik dan telah mendapat penghargaan Internasional ISO 9001 dari QCB (Quality Certification Bureau Inc) dalam bidang design, development, production, installation and servicing of equipment for industries. Akreditasi ini merupakan modal yang sangat berharga bari keberadaan Bengkel Pabrikasi dan Konstruksi tersebut.
Bengkel Pabrikasi dan Konstruksi ini didukung oleh 58 macam peralatan diantaranya terdapat peralatan modern seperti Automatic Welding Machine for Hard Facing of Roller Tire dan CNC (Computerazied Numerical Control) Machine.
Beberapa peralatan pabrik yang dapat dibuat dibengkel ini adalah :

Material Handling Equipment

Rubber Belt Conveyor
Screw Conveyor
Pneumatic Gravity Conveyor
Bucket Elevator
Process Equipment
Cyclone Preheater
Klin Shell
Tube Mill
Grate Cooler
Fan Casing
Vibrating Screen
Dust Collecting Equipment

Electrostatic Precipitator
Bag Filter
Cooling Tower
Bagging Equipment
Big Bag
Packer Machine

Produk
Semen Portland
Adalah perekat hidrolis yang dihasilkan dengan cara menggiling klinker yang kandungan utamanya kalsium silikat dan digiling bersama-sama dengan bahan tambahan berupa satu atau lebih bentuk kristal senyawa kalsium sulfat.

Semen Portland Tipe I
Dipakai untuk keperluan konstruksi umum yang tidak memerlukan persyaratan khusus terhadap panas hidrasi dan kekuatan tekan awal. Cocol dipakai pada tanah dan air yang mengandung sulfat antara 0,0%-0,10% dan dapat digunakan untuk bangunan rumah pemukimam, gedung-gedung bertingkat dan lain-lain.

Semen Portland Tipe II
Dipakai untuk konstruksi bangunan dari beton massa(tebal) yang memerlukan ketahan sulfat (pada lokasi tanah dan air yang mengandung sulfat antara 0,10%-0,20%) dan panas hidrasi sedang, misalkan bangunan dipinggir laut, bangunan di bekas tanah rawa, saluran irigasi, beton massa dan dam-dam dan landasan jembatan.

Semen Portland Tipe III
Dipakai untuk konstruksi bangunan yang memerlukan kekuatan tekan awal tinggi pada fase permulaan setelah pengikatan terjadi, misalnya untuk pembuatan jalan beton, bangunan-bangunan tingkat tinggi, bangunan-bangunan dalam air yang tidak memerlukan ketahanan terhadap serangan sulfat.

Semen Portland Tipe V
Dipakai untuk konstruksi bangunan pada tanah/air yang mengandung sulfat melebihi 0,20% dan sangat cocok untuk instalasi pengolahan limbah pabrik, konstruksi dalam air, jembatan, terowongan, pelabuhan dan pembangkit tenaga nuklir.

Super Masonry Cement
Semen ini dapat digunakan untuk konstruksi perumahan gedung, jalan dan irigasi yang struktur betonnya maksimal K 255. Dapat juga digunakan untuk bahan baku pembuatan Genteng Beton, Hollow Brick, Paving Block, Tegel dan bahan bangunan lainnya.

Super "Portland Pozzolan Cement" (PPC)
Semen yang memenuhi persyaratan mutu Semen Portland Pozzolan SNI 15-0302-1994 dan ASTM C 595 M-95 a dapat digunakan secara luas seperti:

Konstruksi beton massa (bendungan, dam dan irigasi)
Konstruksi beton yang memerlukan ketahan terhadap serangan sulfat(bangunan tepi pantai, tanah rawa)
Bangunan/instalasi yang memerlukan kekedapan yang lebih tinggi.
Pekerjaan pasangan dan plesteran.
Oil Well Cement, Class G-HSR (High Sulfate Resistant)
Merupakan semen khusus yang digunakan untuk pembuatan sumur minyak dan gas alam di bawah permukaan laut dan daratan. OWC yang telah diproduksi adalah Class G - HSR (High Sulfate Resistant) atau disebut juga sebagai "Basic OWC". Aditif dapat ditambahkan untuk pemakaian pada berbagai kedalaman dan temperatur.

Sertifikasi
Dalam menghadapi tantangan era globalisasi pasar bebas, maka PT Semen Padang telah mendapatkan pengakuan dan izin pemakaian tanda:

Api Monogram, sertifikat No. 10 A - 0044. dari American Petroleum Institute - New York
ISO 9001:2000, Sertifikasi No.1003/0096 dari SGS ICS Indonesia, dengan scope "Penambangan Bahan baku, Produksi Semen, Pengantongan dan Pemasaran"; dan juga "Desain, Penambangan, Produksi Peralatan Pabrik dan Pemeliharaan".
ISO 14001 : 1996 dari Sucofindo Internasional Certification Services. Sertifikasi No. 00102.
Certifikate of Conformity No.0/20/008/3 dari Lembaga Mutu Landes Material Prufamt Sachsen-Anhalt (LMPA) Magdeburg-Germany.
Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja:2002, dari Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

5 komentar:

  1. Kepada Yth.
    Bagian Ekspor - Import & Domestics

    Dengan Hormat,
    Perkenalkan kami dari PT.MEGATON SAMUDERA ASIA International Freight Forwarding, melayani pengirimam dengan pembelian EX WORKS, FOB, C&F, CIF, dari seluruh Negara dan service yang kami tawarkan sebagai berikut :

    Ø Sea and Air Cargo Service
    Ø Customs Clearance Service
    Ø International Courier Services
    Ø Jasa Import Door To Door
    Ø Import Borongan Mesin Bekas
    Ø Undername Import KUOTA SPI Biji Plastik
    Ø Undername Import KUOTA SPI Besi & Baja
    Ø Borongan ( All-In )
    Ø Undername (Penyewaan Consegnee)

    Demikianlah Penawaran Jasa ini kami ajukan Kepada Perusahan yang Bpak/Ibu Pinpin Semoga terjalin kerjasama dengan Baik Untuk yang akan datang, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

    PT.MEGATON SAMUDERA ASIA
    Gedung Pembina Graha Lt. 02 Room. 221
    Jl.D.I Penjaitan No.45 Rawa Bunga Jakarta 13350

    Contact :
    Tlp : +62 21 – 8591 7799
    Fax : +62 21 – 2232 6705
    Web : www.importundername.com
    Web : www.msalogistics.co.id
    Web : www.undernameimport.com

    BP. ZAIN
    Hp.Wa 08124888854
    Hp.Wa 08122223856

    BalasHapus
  2. Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan konsultasi kepada Anda mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.

    Salam,
    (Tommy.k)
    WA:081310849918
    Email: Tommy.transcal@gmail.com
    Management

    OUR SERVICE
    Boiler Chemical Cleaning
    Cooling tower Chemical Cleaning
    Chiller Chemical Cleaning
    AHU, Condensor Chemical Cleaning
    Chemical Maintenance
    Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
    Degreaser & Floor Cleaner Plant
    Oli industri
    Rust remover

    BalasHapus
  3. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus
  4. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus
  5. Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan solusi Chemical yang tepat kepada Anda,mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.Harga
    Terjangkau
    Cost saving
    Solusi
    Penawaran spesial


    Salam,
    (Tommy.k)
    WA:081310849918
    Email: Tommy.transcal@gmail.com
    Management
    OUR SERVICE
    Coagulan
    Flokulan
    Boiler Chemical Cleaning
    Cooling tower Chemical Cleaning
    Chiller Chemical Cleaning
    AHU, Condensor Chemical Cleaning
    Chemical Maintenance
    Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
    Garment wash
    Eco Loundry
    Paper Chemical
    Textile Chemical
    Coagulant
    Flokulan,nutrisi, bakteri
    Degreaser & Floor Cleaner Plant
    Oli industri
    Rust remover
    Coal & feul oil additive
    Cleaning Chemical
    Lubricant
    Other Chemical
    RO Chemical
    Hand sanitizer
    Evaporator
    Oli Grease
    Karung
    Synthetic PAO.. GENLUBRIC VG 68 C-PAO
    Zinc oxide
    Thinner
    Macam 2 lem
    Alat-alat listrik

    BalasHapus