Minggu, 11 Januari 2009

SISPRO, ISO 9001, SMM bag 1

SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001:2000



MUTU adalah :
Kemampuan untuk memenuhi persyaratan-persyaratan berdasarkan karakteristik yang dimiliki oleh suatu produk.

Yang dimaksud dengan Persyaratan adalah :
Kebutuhan atau harapan yang ditetapkan secara langsung (eksplisit) atau tidak langsung (implisit)sesuai dengan persyaratan.
Yang menetapkan persyaratan adalah , Pelanggan dimana pelanggan adalah Organisasi atau perorangan yang menerima suatu produk secara eksternal maupun internal .
Eksternal :
1.Pengguna
2.Pengecer
3.Nasabah
4.Pembeli, dll
Internal :
1.Teman sekerja
2.Penerima pekerjaan kita, dll.

Karakteristik Produk yang akan diterima oleh pelanggan :
1.Phisical (mekanik, elektrik, kimia, fisika, dll.)
2.Sensory (berkaitan dengan panca indra)
3.Behavioral (sopan-santun, kejujuran dll)
4.Temporal (tepat waktu, ketersediaan dll)
5.Ergonomic (terkait dengan keselamatan, kenyamanan dan kesehatan)

Untuk pencapaiannya harus ada "SISTEM" di dalam suatu organisasi
SISTEM adalah suatu proses/kegiatan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, pengukuran, peninjauan dan tindak lanjut dimana sistem tersebut harus dikelola agar sistem berjalan dengan baik harus ditetapkan arah (kebijakan) dan tujuannya (sasaran)

Sistem Manajemen Mutu (SMM)

Sistem yang digunakan untuk menetapkan kebijakan dan sasaran mutu serta pencapaiannya.

Kebijakan & Sasaran Mutu
1.Kebijakan mutu memberikan kerangka kerja untuk menetapkan dan meninjau sasaran mutu.
2.Sasaran mutu mendorong adanya perbaikan dan pencapaiannya harus dapat diukur.
3.Pencapaian sasaran mutu harus berdampak positif pada mutu produk, efektifitas operasional dan kinerja keuangan.
4.Keduanya Memberikan FOKUS ke arah mana organisasi akan bergerak. Memberikan gambaran akan sumber daya yang dibutuhkan oleh suatu organisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar