Minggu, 11 Januari 2009

SISPRO, ISO 9001, SMM bag 16

Pengukuran, analisis dan penyempurnaan


Harus merencanakan dan menerapkan pemantauan, pengukuran, analisis dan menyempurnakan proses yang dibutuhkan untuk :
1.Menunjukkan kesesuaian produk
2.Memastikan kesesuaian SMM
3.Menyempurnakan secara berkesinambungan efektifitas SMM
Hal tersebut termasuk penentuan kebutuhan, lingkup dan penggunaan metode yang memadai termasuk teknik statistik.

Pemantauan dan Pengukuran
Kepuasan pelanggan
1.Kepuasan pelanggan adalah salah satu ukuran kinerja SMM
2.Harus memantau informasi yang berkaitan dengan persepsi pelanggan mengenai terpenuhi atau tidak persyaratan mereka.
3.Metode untuk mendapatkan informasi di atas dan penggunaannya harus ditetapkan.

Internal Audit
1.Melaksanakan internal audit pada selang waktu yang telah ditetapkan untuk menentukan apakah SMM :
•Sesuai dengan pengaturan yang direncanakan
•Sesuai dengan persyaratan ISO 9001:2000
•Sesuai persyaratan SMM yang ditetapkan oleh organisasi
•Secara efektif diimplementasikan dan dipelihara
2.Merencanakan program audit, dengan memperhatikan status dan pentingnya proses dan area yang akan diaudit, serta hasil audit sebelumnya.
3.Menetapkan kriteria audit, ruang lingkup, frekuensi dan metode
4.Pemilihan auditor dan pelaksanaan audit harus memastikan objektivitas dan kenetralan dari proses audit
5.Auditor tidak boleh mengaudit pekerjaannya sendiri.
6.Harus dibuat prosedur terdokumentasi yang menjelaskan tanggung jawab, perencanaan, pelaksanaan audit, tata cara pelaporan dan pemiliharaan rekaman hasil audit.
7.Memastikan manajemen yang bertanggung jawab atas area yang diaudit mengambil tindakan tanpa penundaan guna menghilangkan ketidaksesuaian yang ditemukan dan penyebabnya
8.Harus dilakukan verifikasi atas tindakan yang diambil atas temuan audit dan melaporkan hasil verifikasinya .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar