Selasa, 24 Februari 2009

SAFETY SIGN (1)

Salah satu aplikasi dari sistim managem K3 adalah memasang semua gambar keselamatan kerja dilingkungan kerja, hal sesuai dengan Undang – undang No.1 tahun 1970 pada BAB X yang mengatur KEWAJIBAN PENGURUS di Pasal 14 yang berbunyi :

Pengurus diwajibkan:

a.secara tertulis menempatkan dalam tempat kerja yang dipimpinnya, semua syarat keselamatan kerja yang diwajibkan, sehelai Undang-undang ini dan semua peraturan pelaksanaannya yang berlaku bagi tempat kerja yang bersangkutan, pada tempat tempat yang mudah dilihat dan terbaca dan menurut petunjuk pegawai pengawas atau ahli keselamatan kerja;

b.Memasang dalam tempat kerja yang dipimpinnya, semua gambar keselamatan kerja yang diwajibkan dan semua bahan pembinaan lainnya, pada tempat-tempat yang mudah dilihat dan terbaca menurut petunjuk pegawai pengawas atau ahli keselamatan kerja.

c.Menyediakan secara cuma-cuma, semua alat perlindungan diri yang diwajibkan pada tenaga kerja yang berada dibawah pimpinannya dan menyediakan bagi setiap orang lain yang memasuki tempat kerja tersebut, disertai dengan petunjuk-petunjuk yang diperlukan menurut petunjuk pegawai pengawas atau ahli-ahli keselamatan kerja

Pada kesempatan ini dapat akan diberikan beberapa contoh dari bentuk gambar keselamatan kerja / safety sign sebayak 29 kategori, yaitu :


1.Crushing & Cut Hazard.
2.Delivery Sign.
3.Door and gate sign.
4.Ellektrik Sign
5.Forklift.
6.Guarding Hazard.
7.Hazard alert
8.Hazard alert symbol.
9.House keeping & hygiene.
10.Keep clear sign.
11.Kick back crush hazard.
12.Ladder & Scafolding
13.Lifting Hazard.
14.Lock out safety.
15.Machinnery.
16.Mandatory.
17.Moving part hazard.
18.Personal protector.
19.Pitch Point.
20.Prohibition Symbol.
21.Rotating blade.
22.Safety Slogan.
23.Security Sign.
24.Shipping and receiving.
25.Static radio freqwenty.
26.Step and slip hazard.
27.Think quality.
28.Tresspasing sign.
29.Water Safety.

Begitu banyaknya contoh gambar yang ada maka pada uraian tadi hanya ditampilkan beberapa saja. Jika ada yang berminat tentang gambar – gambar tersebut ( safety sign ) maka silahkan kirim ke e-mail pelabuhanctbs@gmail.com untuk konfirmasinya, untuk dapat dilengkapi.

1 komentar:

  1. Terkadang kita tidak sadar betapa pentingnya safety sign di suatu perusahaan .. baru merasa penting kalau sudah terjadi kecelakaan..
    safety sign is very inportant
    thx for sharing :)

    BalasHapus