Seandainya " pelabuhan itu adalah suatu Komputer " maka, dapat diuraikan apa saja yang ada didalamya, yaitu :
1.BRAIN WARE :
Merupakan suatu komponen institusi pemerintahan / swasta dan lainnya, yang bertugas untuk membuat, mengorganisasikan, menjalankan, serta mengawasi dari semua peraturan perundangan pelabuhan serta hal lain yang berkenaan didalamnya, dengan tujuan untuk kelancaran, keselamatan, kenyamanan dan keamanan suatu pelayanan demi tercapainya performance pelabuhan yang baik, dengan tujuan memberikan untung kepada negara secara mikro dan makro .
Yang menjadi komponen dalam BRAIN WARE adalah :
a.ADPEL ( Administrator Pelabuhan ).
b.PT ( Persero ) Pelabuhan Indonesia II.
c.NAVIGASI.
d.Kepabeanan ( Bea & Cukai ).
e.Perbankan ( Bank ).
f.Sucofindo.
g.Karantina kesehatan.
h.Karantina hewan / tumbuhan.
i.Imigrasi.
j.KOPERBAM ( Koperasi Bongkar Muat ) / TKBM ( Tenaga Kerja Bongkar Muat )
k.KOPANBAPEL ( Koperasi Angkutan Barang Pelabuhan )
l.Pengamanan Pelabuhan ( Angkatan Laut, Kepolisian / KPPP, KPLP serta semua badan pengamanan lainnya yang bernaung dibawah PFSO / ISPS Code ).
2.HARD WARE
Adalah, semua unsur dari fasilitas dan sarana baik pokok maupun penunjang yang ada di sebuah pelabuhan yang digunakan untuk pelayanan pelabuhan baik secara langsung maupun secara tidak langsung.
1.Fasilitas / Sarana Pokok :
1.1.Perairan Pelabuhan
1.2.Anchorage Area ( Wilayah Labuh )
1.3.Kolam Pelabuhan
1.4.Rambu – rambu laut
1.5.Stasion Radio Pantai
1.6.Break Water
1.7.Dermaga
1.8.Listrik untuk Penerangan
1.9.Air untuk kapal
1.10.Tanah
2.Fasilitas / Sarana Penunjang :
2.1.Gedung / Perkantoran / Pos Pelayanan dan Keamanan
2.2.Pergudangan
2.3.Lapangan Penumpukan ( Stock Pile ) untuk Cargo / Peti Kemas
2.4.Tank untuk Curah Cair
2.5.Silo untuk Semen
2.6.Kapal Tunda, Pandu, dan Mooring
2.7.Kapal / Boat untuk patroli keamanan dan service
2.8.Tools ( Peralatan ), untuk bongkar / muat
2.9.Peralatan Komputer dan sejenisnya
2.10.Sarana telekomunikasi ( Radio / Telephone )
2.11.Dinding dan pintu pelabuhan untuk membatasi wilayah lini I dengan lini II
2.12.Instalasi Listrik dan air
2.13.Tranportasi untuk orang / barang
2.14.Kendaraan Patroli / PMK
2.15.Terminal Penumpang
3.SOFT WARE
Merupakan semua bentuk dari ketentuan, perundangan, sistematika, prosedur, serta lainnya yang didalamnya terkandung suatu hak dan kewajiban serta sanksi – sanksi dimana semua hal tersebut dibuat untuk menciptakan suatu pola pelayanan kepelabuhanan yang tujuannya untuk mendapatkan suatu performance yang baik.
Contoh :
a.Surat Keputusan Pemerintah, ( Presiden, menteri, Dirjen, dsb )
b.Sistim dan Prosedur di internal perusahaan
c.Dsb
4.USER
Yaitu ” Subjek ” dari out put yang dikeluarkan oleh Brain Ware, Hard Ware dan Soft Ware, dimana tujuan utama dari user adalah mencari profit. Selain itu user juga merupakan subjek yang memegang peranan penting dalam melaksanakan fungsi pelabuhan seperti pada konsep industrial entity. Kemajuan user berarti kemajuan suatu pelabuhan, dimana hal ini dapat diciptakan oleh out put yang positif dari 3 komponen lainnya ( Brain, Hard, Soft ).
Contoh user adalah :
a)Perusahaan Pelayaran / Shipping Company
b)Perusahaan Bongkar Muat / Stevedooring
c)Perusahaan Expedisi / Freight Forwader
d)Perusahaan Pemilik Peti Kemas / Owner
e)Perusahaan besar / kecil yang mendukung pada hinterland pelabuhan / Owner Cargo.
f)User yang bersifat tak langsung, dimana dalam skala mikro kehidupan mereka tergantung pada aktivitas dari 4 komponen diatas. Contoh user yang bersifat tidak langsung tersebut adalah, Restaurant, Cofee Shop, Mini Market,dsb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar