Minggu, 11 Januari 2009

SISPRO, ISO 9001, SMM bag 4

Pengendalian Dokumen


Pengesahan dokumen sebelum diterbitkan
1.Peninjauan dan pembaharuan serta pengesahan ulang dokumen
2.Memastikan perubahan dan status revisi terbaru dokumen teridentifikasi.
3.Memastikan versi terbaru dari dokumen tersedia pada tempat penggunaannya.
4.Memastikan dokumen terbaca dan mudah didapatkan.
5.Memastikan dokumen eksternal teridentifikasi dan pendistribusiannya terkendali.
6.Mencegah penggunaan dokumen yang kadaluarsa dan menetapkan identifikasi bila dokumen tersebut disimpan untuk tujuan tertentu.

Rekaman Mutu
1.Rekaman mutu harus ditetapkan dan dipelihara sebagai bukti kesesuaian dengan persyaratan dan efektifitas operasi SMM
2.Rekaman mutu harus terbaca, teridentifikasi dan mudah didapat
3.Harus ditetapkan prosedur terdokumentasi yang menjelaskan pengendalian yang dibutuhkan untuk identifikasi, penyimpanan, perlindungan, pengambilan, masa simpan dan pemusnahan rekaman mutu.

Tanggung Jawab Manajemen

Komitmen Manajemen
Manajemen puncak harus membuktikan komitmennya untuk mengembangkan dan menerapkan SMM serta secara ber-kesinambungan menyempurnakan efektifitasnya dengan cara :
1.Mengkomunikasikan pentingnya memenuhi persyaratan pelanggan dan peraturan yang berlaku
2.Menetapkan kebijakan mutu
3.Memastikan ditetapkannya sasaran mutu.
4.Melaksanakan tinjauan manajemen.
5.Memastikan ketersediaan sumber daya.

Fokus Kepada Pelanggan
Guna mencapai kepuasan pelanggan manajemen puncak harus memastikan ditetapkan dan dipenuhinya persyaratan pelanggan.

Kebijakan Mutu
Manajemen Puncak harus memastikan kebijakan mutu :
1.Sesuai dengan tujuan organisasi
2.Termasuk komitmen untuk memenuhi persyaratan dan menyempurnakan efektifitas SMM secara berkesinambungan
3.Memberikan kerangka kerja untuk menetapkan dan meninjau sasaran mutu
4.Dikomunikasikan dan dipahami oleh seluruh jajaran organisasi
5.Selalu ditinjau kesesuaiannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar