Selasa, 28 Juli 2009

Key Performance Indicators

Pada artikel sebelumnya tentang KPI telah dibahas "Bentuk / perspektif KPI" di cabang Pelabuhann Teluk Bayur. Sehubungan dengan hal tersebut maka pada postingan ini dapat ditambahkan bahwa KPI Merupakan suatu kunci indicator performance yang berbentuk suatu pelaporan dalam format yang ditentukan dengan isi data – data dalam bentuk financial dan non financial, dan digunakan oleh management suatu perusahaan untuk mengambil langkah – langkah guna kemajuan sebuah perusahaan. Setiap perusahaan mempunyai bentuk, nilai dan format yang berbeda untuk pengisian tentang masalah KPI. Perbedaan ini disebabkan oleh visi dan misi dari perusahaan itu sendiri.
Secara umum pengisian dari format KPI adalah tentang nilai – nilai dari target keberhasilan dari masing – masing bagian kedinasan, divisi atau departemen. Jika nilai dari masing – masing tersebut sudah disatukan dalam satu format dalam bentuk laporan rekapitulasi, maka dari laporan tersebut akan dapat dilihat keadaan dari suatu perusahaan. Dari laporan KPI itu pihak management juga akan dapat memutuskan langkah – langkah yang akan ditempuh demi majunya suatu perusahaan.
Waktu pengumpulan dari laporan biasanya adalah pertriwulan, persemester, dan pertahun. Pada artikel sebelumnya tentang KPI yang ada di pelabuhan yaitu sebanyak 13 bentuk, Sehubungan dengan terjadinya perubahan pada level TOP management maka bentuk dari KPI juga berubah. Bentuk KPI pelabuhan yang ada sekarang adalah :


Aspek Keuangan :

1.ROCE / Return On Capital Employed.(%)
2.OR / Operating Ratio.(%)
3.Pertumbuhan Pendapatan Usaha.(%)
4.Kolektibilitas Piutang Usaha.(hari)
5.Rasio Laba Terhadap Biaya Operasi.(%)
6.Efektifitas Cash Management.(%)
7.Efektifitas Pengendalian Biaya.(%)
8.Efektifitas Kerjasama.(%)

Pelanggan:

9. Indeks Kepuasan Pelanggan.(Skala Likert)
10.Pertumbuhan Pelanggan Baru.(%)
11.Komplain Pelanggan.(%)

Proses Bisnis Internal:

12.a.Tingkat Kesiapan Fasilitas dan Alat Produksi:

a. Availability Kolam.(%)
b. Availability Alur.(%)
c. Availability Kapal Tunda.(%)
d. Availability RRTG.(%)

12.b.Tingkat Utilisasi Alat Produksi:

a. Berth Accupancy Ratio.(%)
b. Yard Accupancy Ratio.(%)

13.Penyerapan Investasi:

a.Realisasi Program.(%)
b.Pencapaian Fisik.(%)
c.Kesesuaian Realisasi.(%)

14.Pelaksanaan Assessment/Review/Audit terhadap Sistim & Prosedur Pelayanan Sesuai Prioritas.(%)

15.Pengembangan & Perbaikan Mutu Seluruh Sistim Dan Prosedur Pelayanan.(%)

16.Perbaikan Waktu Delivery Operasi Dalam Proses Pelayanan Bagi Pelanggan.(%)

17.Indeks Kepuasan Supplier/Vendor.(Skala Likert)

Learning & Growth:

18.Penerapan Sistim Management SDM.(%)
19.Pelaksanaan dan Perbaikan Sistim Management SDM.(%)
20.Tindak Lanjut Hasil Temuan Audit Internal.(%)
21.Pencapaian Target KPI divisi pada setiap Cabang.(%)

Kepemimpinan :

22.Pegawai yang memperoleh reward.(%)
Pegawai yang memperoleh punishment.(%)

23.Pengendalian resiko.(%)
24.Legal Compliance.(%)
25.Penyusunan Implementasi & Review Cascading di KPI Cabang sampai dengan Individu.(%)

Produk & Layanan:

26.Capaian Level Of Service and Safety ( LOSS )Meliputi : Waktu, Produktifitas, Keselamatan, Keamanan

1. Keselamatan Pemanduan.(%)
2. Waiting Time Net.(Menit)
3. Postpone Time.(Jam)
4. Aproaching Time.(Jam)
5. Produktifitas Bongkar Muat Peti Kemas di TPK.(BSH)
6. Perbandingan Efektif Time & Berthing Time (ET/BT).(%)

27.Pemenuhan SLA/SLG ( terhadap harapan Pelanggan )

Pemenuhan SLA.(%)
Deviasi Penyimpangan SLG.(%)


1 komentar:

  1. ass..wr.wb/peace be on U all
    ehm,,,,kalo gini bagus loh dapat memacu kemajuan kalao aku pikir he..he..makasih dah follow ya...ok God bless U amien...

    BalasHapus