Senin, 03 Agustus 2009

Proposal Investasi

Pengalaman ini didapat di waktu bulan Juli 2009, dimana pada waktu itu perusahaan melalui dewan direksi mengharuskan setiap Cabang Pelabuhan untuk membuat rencana usulan investasi pada cabang Pelabuhan masing – masing di lingkungan Pelabuhan II. Berdasarkan rapat dilingkungan management Pelabuhan Cabang Pelabuhan II maka dibuat suatu Tim guna pembahasan lebih lanjut tentang investasi yang akan diusulkan untuk tahun 2010. Dari pengalaman tersebut maka saya akan berbagi informasi tentang cara dan isi dari proposal investasi tersebut.
Pada prosposal investasi terdapat 2 buah buku yang terdiri dari :
1. Buku tentang Justifikasi Investasi.
2. Buku tentang Analisa resiko investasi.

Berikut penjelasan dari masing-masing buku :

1. Buku tentang justifikasi berisi tentang, :
* Taksiran dan realisasi investasi pada tahun sebelumnya, * Data rekapitulasi jenis investasi dan jumlah dana yang dikeluarkan pada tahun 2010 berdasarkan skala prioritas, * Bagan rencana realisasi investasi pada tahun 2010, * Blanko formulir usulan investasi tahun 2010 yang berisi : Nama pekerjaan, Sifat investasi ( murni/carry over/multi year ), Lokasi, Perkiraan RAB, Tujuan dan mamfaat investasi, Daftar Usulan Investasi terlampir, Perkiraan waktu dan lama pelaksanaan, Pelaksana pekerjaan / pengadaan, proses pelelangan, Kelayakan investasi berdasarkan aspek operasional, aspek tehnik, aspek keuangan ( NPV, IRR, Payback Period) serta pada bagian bawah ditanda tangani leh TOP Management. * RAB ( Rencana Anggaran Biaya ) dari masing – masing Investasi dari divisi terkait. * Justifikasi Investasi yang berisi : Judul, Biaya, Terbilang, Dasar dan ketentuan ( berisi tentang Undang – undang yang menyangkut investasi , latar belakang terjadinya investasi, Aspek tehnis terjadinya investasi, Aspek operasional investasi, Aspek Financial dari investasi ( tentang NPV, IRR, Payback period ). serta pada bagian bawah ditanda tangani leh TOP Management. * Perhitungan tehnis keuangan dengan melibatkan kalkulasi pendapatan dan biaya hingga didapat umur ekonomis dari investasi, dan perhitungan lengkap dari nilia NPV, IRR dan Payback period. * Pada halaman akhir dilampirkan foto, dokumentasi, browser, catalog dsb tentang jenis investasi yang dikerjakan.

2. Buku tentang analisa Resiko berisi tentang :
* Identifikasi resiko yang berisi : Objek resiko, Latar belakang Objek, Risk owner, mayor driver, maksud dan tujuan objek, lokasi, organisasi, unit kerja, Stakeholder dan ekspektasinya, Proses dan Prosedur terkait * Tabel identifikasi resiko dengan halaman tabel ; Sumber resiko, Detail resiko, kemungkinan, Dampak, Probabilitas (%), Nilai dampak (Rp), nilai resiko (Rp). * Tabel Pemetaan berdasarkan dampak dan probabilitas. * Tabel Rencana Penanganan resiko yang berisi : Nomor, Kode resiko, nilai resiko (Rp), Target nilai resiko (Rp), aktifitas sebelum kejadian dan biaya (Rp), aktifitas saat kejadian dan biaya (Rp), aktifitas setelah kejadian dan Biaya (Rp), Toatal biaya aktifitas (Rp) dan nilai residual risk (Rp). * Tabel Rencana kerja penanganan resiko dengan halaman tabel ; No kode resiko, Uraian pekerjaan yang berisi aktifitas sebelum, saat, setelah kejadian, dilanjutkan dengan kriteria keberhasilan, nama penanggung jawab, rencana biaya, mulai dan selesai, personil yang terlibat.

Bingung… yah…..
Apalagi… saya…..

kalo tertarik dan ingin mengoreksi tentang postingan tadi email aja ke pelabuhanctbs@gmail.com, supaya kita dapat share untuk sebuah hasil investasi yang bagus..

Udah ..ah.. cape’..

4 komentar:

  1. siiip banget postingannya...
    bicara investasi memang mengasyikkan
    salam

    fikri

    BalasHapus
  2. Wah pasti nilai investasinya besar ya kalo buat ngelola pelabuhan..??

    BalasHapus
  3. Anonim06.40

    kadang mengerjakan sesuatu tanpa tau apa yg dikerjakan...hanya menjadi robot...nice postingan bozz jd tambah pengetahuan...eko ctbs

    BalasHapus